KULIAH UMUM BERSAMA GURU BESAR UNIVERSITAS GADJAH MADA

Fikes-Unimugo. Rabu, 8 November 2023 dilaksanakan Kuliah Umum yang menghadirkan pemateri yang luar biasa Prof.Dr.Apt. Zullies Ikawati dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, tema yang diambil adalah Tatalaksana Terapi Penyakit Skizofrenia & Bipolar dihadiri oleh mahasiswa program studi Farmasi Program Sarjana, Keperawatan Program Sarjana dan Keperawatan Program Diploma Tiga Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah gombong.

Gangguan bipolar merupakan bunglon dari gangguan kejiwaan, mengubah tampilan gejalanya dari satu pasien ke pasien lain dan dari satu episode ke episode lain bahkan pada pasien yang sama, penyakit ini merupakan gangguan psikiatrik yang unik karena bersifat genetik, dipengaruhi oleh lingkungan dan gambaran penyakitnya berbeda antara satu orang dengan yang lainya. Penyebab belum diketahui secara pasti dan dianggap sebagai penyakit kompleks yang dipengaruhi oleh faktor pertumbuhan, genetik, neurobiologis dan psikologis. Terapi yang dapat dilakukan melalui non farmakologi seperti psikoterapi dan farmakologi menggunakan obat obat mood stabilizer

Skizofrenia adalah penyakit psikiatrik kronik pada pikiran manusia yang mempengaruhi seseorang sehingga mengganggu hubungan antarpersonal dan kemampuan untuk menjalani kehidupan sosial, adapun tanda gejala positif seperti kecurigaan, halusinasi, konten pemikiran yang tidak biasa. Terapi bertujuan untuk mengembalikan fungsi normal pasien dan mencegah kekambuhan, terapi dapat diberikan dengan intervensi keluarga, terapi perilaku kogmitif, pelatihan keterampilan sosial, terapi elektrokonvulsif, tahapan terapi terbagi menjadi terapi fase akut, fase stabilitas, fase pemeliharaan.

Dokumentasi