KULIAH DOSEN TAMU OBAT-OBAT YANG MEMPENGARUHI KESEIMBANGAN CAIRAN DAN ELEKTROLIT

Fikes-Unimugo. Telak dilaksanlan Kuliah Tamu Mata Kuliah Farmakologi dan Toksikologi pada Selasa, 24 Oktober 2023 melalui Virtual Zoom.

Fungsi cairan tubuh adalah sebagai alat transportasi berbagi nutrisi, elektrolit dan sisa hasil metabolisme juga sebagai pengatur suhu tubuh. Adpun penyebab ketidakseimbangan cairan dan elektrolit dinataranya Diet tidak adekuat dan kurang vitamin, malabsorbsi, pancreatitis serta penggunaan obat-obatan seperti Kemoterpai, diuretic, antibiotik dll.

Sistem Keseimbangan Cairan dan elektrolit berperan penting dalam mengatur homestatis tubuh. Beberapa faktor seperti penyakit, malnutrisi dan obat dapat mempengaruhi keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh, manifestasi klinis dari gangguan cairan dan elektrolit tergantung pada kadar dan percepatan perubahan kadar . Adapun Fartor resiko pasien meliputi usia, kormobid, status, nutrisi, kondisi hamil, menyusui, pasien dalam kondisi kritis, perlu upaya pencegahan dan monitoring pada pasien dengan resiko tinggi dan pasien yang menggunakan obat-obat dengan potensi mengganggu keseimbangan cairan dan elektrolit.

Dokumentasi :