PERKULIAHAN TAMU MATA KULIAH KEPERAWATAN ANAK

Fikes-Unimugo. Perkuliahan Tamu Mata Kuliah Keperawatan Anak dengan tema Asuhan Keperawatan pada Pasien dengan Meningitis diselenggarakan pada hari Sabtu, 4 November 2023 secara virtual menggunakan Zoom Meeting, perkuliahan diikuti oleh mahasiswa program studi Keperawatan Program Sarjana Reguler A tingkat 2 dan Reguler B19.

Di Indonesia pada tahun 2016 terdapat 78.018 kasus kematian akibat meningitis sebesar 4.313 jiwa (Kassebaum and Zunt, 2018). Meningitis merupakan peradangan pada selaput meningen, cairan serebrospinal dan spinal column yang menyebabkan proses infeksi pada sistem saraf pusat. Klasifikasi meningitis meliputi meningitis purulent, meningitis serosa. Gejala yang dialami pasien sama seperti  kejang demam, penurunan kesadaran.

Komplikasi meningitis pada anak-anak seperti resiko kerusakan otak yang menyebabkan gelaya yg berpengaruh pada gerakan dan koordinasi, perubahan perilaku dan kesulitan belajar sementara atau permanen, dapat mengembangkan epilepsi yang mengarah ke serangan berulang.

Dokumentasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.