GELAR INVITING ENGLISH, PRODI DIII KEPERAWATAN & DIII KEBIDANAN HADIRKAN NATIVE SPEAKER

Fikes Unimugo – Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga (DIII) dan Program Studi Kebidanan Program Diploma Tiga (DIII), Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Gombong (Unimugo) berkolaborasi mengadakan kegiatan Intensive English “Inviting English Native Speaker” dengan mendatangkan native speaker. Kegitan mengundang native speaker atau “penutur  asli/pengguna bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari”  tersebut merupakan bagian dari pembelajaran pada mata kuliah Bahasa Inggris II.

Native speaker yang hadir di Unimugo berjumlah 3 orang, mereka berasal dari negara Yaman dan Afrika.  Kegiatan yang merupakan hasil kerjasama antara Kantor Urusan Internasional UNIMUGO dengan Kantor Urusan Internasional UM Purwokerto tersebut digelar pada hari Sabtu, 22 Juli 2023 di Mini Hospital Universitas Muhammadiyah Gombong dan diikuti oleh 94 mahasiswa semester II Prodi DIII Keperawatan dan 25 mahasiswa semester II Prodi DIII Kebidanan yeng terlihat excited mengikuti kegiatan tersebut.

Sedangkan tujuan dari kegiatan Intensive English yaitu menyiapkan mahasiswa agar dapat terbiasa berkomunikasi dan berhadapan langsung dengan foreigners/orang asing. Selain itu juga untuk mempersiapkan diri pada persaingan di luar dan di dalam negeri dalam menghadapi 5.0 smart societies.

Hadir secara langsung yang menyambut para native speaker dalam kegiatan yaitu Wakil Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Ike Mardiati Agustin, M.Kep., Sp.Kep.J., Kaprodi DIII Kebidanan Siti Mutoharoh, MPH, Kaprodi DIII Keperawatan Hendri Tamara Yuda, S.Kep., Ns., M.Kep., Koordinator dan dosen pengampu Mata Kuliah Bahasa Inggris Muh. As’ad, M.Pd, Khamim Mustofa, M.Pd serta Sigit Jauhari, M.Pd

Dalam sambutannya, Wakil Dekan Fikes mengucapkan terima kasih atas kehadiran para native speaker di Universitas Muhammadiyah Gombong. “Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk melatih keberanian mahasiswa melakukan komunikasi dan pemeriksaan kesehatan dalam bahasa Inggris”, tambah Ike Mardiati, M.Kep.,Sp.Kep.J.

Gunakan Bahasa Inggris Saat Cek Kesehatan 

 

Selama proses kegiatan, mahasiswa diwajibkan berkomunikasi dan melakukan pengkajian kesehatan kepada para native speaker menggunakan Bahasa Inggris. Mahasiswa sangat antusias bergantian secara kelompok melakukan komunikasi dan pengkajian kepada para native speaker. Sesuai dengan tujuan dilaksanakannya kegiatan, interaksi langsung dengan native speaker akan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa./TAY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.