BEDAH BUKU AJAR ASUHAN KEHAMILAN

Fikes-Unimugo. Program Studi Kebidanan Program Diploma melaksanakan kegiatan Bedah Buku dengan mengangkat topik yaitu Bedah Buku Ajar Asuhan Kehamilan secara virtual melalui Zoom Meeting. Kegiatan diikuti oleh Mahasiswa Program Studi Kebidanan Program Diploma Tiga dan Kebidanan Program Sarjana Tingkat 2 Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Gombong.

Konsep dasar Rujukan yaitu kompetensi mampu untuk melakukan asuhan kebidanan secara mandiri/tim dan rujukan kepada individu, keluarga dan masyarakat. Rujukan merupakan salah satu kunci untuk menurunkan angka kematian ibu, namun ada hambatan yaitu keterlambatan seperti terlambat mengambil keputusan, terlambat dibawa.

Rujukan dibagi menjadi dua yaitu Rujukan Darurat dan Rujukan Elektif. Rujukan Darurat dilakukan untuk menangani kasus emergendi yang tidak dapat ditangani oleh fasilitas kesehatan tingkat I sedangkan Rujukan elektif dilakukan untuk mencari pendapat ahli terkait penyakit/kasus yang dialami oleh pasien dan mencari fasilitas yang lebih baik dalam penanganan pasien.

Keterlambatan penangan dapat di antisipasi dengan mulai dari percencanaan siapa yang mengambil keputusan mulai dari asuhan Kehamilan, pasien yang sudah sampai di pusat layanan maka lanyanin dengan segera terhadap ibu hamil.

 

Dokumentasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.