National Quality Infrastruktur

Selasa, 16 januari 2023 diadakan kembali Kuliah Tamu yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Industri Program Sarjana. Kegiatan ini dihadiri sebagian besar oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gombong.

Dalam acara kuliah umum ini, pembicara utama adalah Prof. Dr. RER OEC Arfan Bakhtiar. S.T., M.T. Beliau merupakan seorang promovendus program doktoral teknik industri Universitas Gadjah Mada.

Pembukaan kuliah tamu ini diawali dengan sambutan hangat dari Bapak kepala program studi S1 Teknik Industri Unimugo, yakni Bpk. Eko Ari Wibowo S.T.,M.T.

Pembicara menjelaskan secara rinci topik yang diangkat dalam kuliah tamu ini terkait sistem infrastruktur mutu nasional di Indonesia dan isu-isu utama dalam menilai sistem NQI. Beliau menyampaikan gagasan-gagasan penting yang sangat bermanfaat bagi hadirin  seperti pemahaman terhadap standar, standarisasi, dan akreditasi dalam evaluasi mutu. Selanjutnya, beliau juga berpesan kepada mahasiswa yang disebut sebagai agent of change, “jadilah mahasiswa yang melek akan standar-standar yang sudah ditetapkan oleh negara, memakai dan memasarkan produk yang sesuai untuk keberlanjutan dan menghindari risiko-risiko tertentu terutama pada konsumen”. Hal ini disampaikan oleh narasumber guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para mahasiswa agar mampu menerapkan ketika terjun di dunia kerja nanti.

Para hadirin yang berjumlah sekitar 36 partisipan secara daring (zoom) dan luring bertempat di smart class room Unimugo terlihat sangat antusias mengikuti kuliah umum ini, terpantau dari banyaknya pertanyaan yang diajukan selama sesi tanya jawab.

Acara ditutup dengan sesi dokumentasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung berlangsungnya kuliah umum ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.