Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Gombong Pada tanggal 1 Desember 2023 mengunjungi Bursa Efek Indonesia (BEI), apa itu Bursa Efek Indonesia Bursa Efek Indonesia (disingkat BEI, atau Indonesia Stock Exchange (IDX)) merupakan bursa hasil penggabungan dari Bursa Efek Jakarta (BEJ) dengan Bursa Efek Surabaya (BES).

Kunjungan ini merupakan  bagian dari perkuliahan yang diajarkan oleh Dosen Pengajar Program Studi Manajemen di mata kuliah pasar modal. Dalam kunjungan ke kantor BEI tersebut mahasiswa melakukan berbagai aktivitas diantaranya  melihat galeri BEI, bermain dengan simulasi keuangan, memasuki auditorium BEI dimana di tempat tersebut mahasiswa diberikan penjelasan tentang pentingnya investasi dan caranya, serta melihat newsroom IDX Channel yang sedang melakukan live tapping.

Bursa Efek adalah pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan/atau sarana, untuk mempertemukan penawaran jual dan beli Efek dari pihak-pihak yang ingin memperdagangkan Efek tersebut. Bursa Efek didirikan untuk menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan atau sarana perdagangan Efek. Dengan tersedianya sistem dan atau sarana yang baik, para Anggota Bursa Efek dapat melakukan penawaran jual dan beli Efek secara teratur, wajar, dan efisien. Di samping itu, tersedianya sistem dan atau sarana dimaksud memungkinkan Bursa Efek melakukan pengawasan terhadap anggotanya dengan lebih efektif.